Selasa, 13 November 2018
-->
BAB IV
ANALISIS PERAN RUMAH BELAJAR GANECHA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AGAMA ISLAM ANAK
Pada tahap ini peneliti akan membahas tentang serangkaian langkah analisis terhadap data kualitatif yang telah terkumpul lewat hasil nilai angket peran rumah belajar Ganecha, sebagaimana yang tercantum pada bab III. Analisis dengan menggunakan statistik itu terutama dimaksudkan untuk membuktikan kebenaran hipotesis yang telah diajukan,yakni semakin baik peran rumah belajar Ganecha maka minat belajar agama islam anak semakin meningkat.
Langkah-langkah yang ditempuh dalam proses analisis ini adalah sebagai berikut:
- Analisis Pendahuluan
- Analisis Uji Hipotesis
- Analisis Lanjutan.
Analisis tersebut disusun berdasarkan data hasil penelitian yang telah terkumpul. berikut ini adalah uraian tentang analisis terhadap data yang telah terkumpul.
- Analisis Pendahuluan
- Tabulasi Hasil Niliai Angket Peran Rumah Belajar Ganecha
Dalam analisis pendahuluan, data-data yang berhasil dikumpulkan sebagaimana yang tertuang padabab III, akandisusundalam satu table. data tersebut merupakan data peran rumah belajar ganecha dalam meningkatkan minat belajar anak terhadap agama islam anak di Desa Jolontoro. Data dari dua variable tersebut akan dikelompokkan dalam 2 variabel yaitu:
- Peran Rumah Belajar Ganecha
- Minat Belajar Agama Islam Anak
Table 1
Hasil Nilai Angket Pran Rumah Beëlajar Ganecha
No
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
Jumlah
|
1
|
3
|
2
|
3
|
3
|
2
|
3
|
3
|
2
|
4
|
1
|
4
|
2
|
2
|
3
|
2
|
39
|
2
|
3
|
4
|
3
|
3
|
1
|
3
|
3
|
3
|
3
|
1
|
3
|
3
|
1
|
3
|
3
|
40
|
3
|
4
|
3
|
4
|
4
|
1
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
2
|
2
|
3
|
3
|
47
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
54
|
5
|
3
|
3
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
55
|
6
|
4
|
4
|
3
|
4
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
4
|
3
|
1
|
2
|
4
|
45
|
7
|
4
|
4
|
3
|
4
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
46
|
8
|
4
|
3
|
3
|
3
|
1
|
2
|
3
|
2
|
4
|
3
|
3
|
2
|
3
|
2
|
3
|
41
|
9
|
4
|
4
|
4
|
3
|
2
|
3
|
3
|
2
|
3
|
1
|
3
|
1
|
2
|
2
|
3
|
40
|
10
|
4
|
3
|
3
|
3
|
1
|
3
|
3
|
3
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
42
|
11
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
43
|
12
|
2
|
3
|
3
|
4
|
2
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
49
|
13
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
52
|
14
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
4
|
52
|
15
|
4
|
4
|
4
|
3
|
2
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
50
|
16
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
52
|
17
|
4
|
4
|
4
|
3
|
2
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
1
|
3
|
4
|
49
|
18
|
4
|
4
|
3
|
4
|
2
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
48
|
19
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
4
|
45
|
20
|
3
|
3
|
4
|
4
|
2
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
4
|
47
|
21
|
4
|
2
|
3
|
2
|
1
|
3
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
2
|
3
|
1
|
3
|
37
|
22
|
3
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
2
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
52
|
Dengan melihat data di atas dapat disimpulkan sebagai berikut:
- Peran Rumah belajar memberikan kontribusi dalam meningkatkan minat belajar agama islam anak
- Hasil Nilai angket tertinggi adalah 55 dan terendah 37.
- Hampir seluruh siswa mendapat nilai yang baik,
Tabel 2
Hasil Nilai Angket Minat Belajar Agama Islam Anak
No
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
Jumlah
|
1
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
2
|
3
|
48
|
2
|
3
|
2
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
51
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
54
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
59
|
5
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
58
|
6
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
58
|
7
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
54
|
8
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
56
|
9
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
58
|
10
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
56
|
11
|
2
|
2
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
54
|
12
|
3
|
2
|
3
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
55
|
13
|
4
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
112
|
14
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
60
|
15
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
58
|
16
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
56
|
17
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
58
|
18
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
57
|
19
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
51
|
20
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
56
|
21
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
2
|
3
|
4
|
4
|
3
|
49
|
22
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
59
|
Dengan melihat table diatas, maka dapatlah diambil pengertian bahwa minat belajar anak sangat baik, dengan melihat hasil nilai angket minat belajar agama islam anak.
- Uji Hipotesis
- Tabulasi terhadap data-data penelitian
Berdasarkan data-data yang telah terkumpul sebagaimana yang telah dikemukakan dalam BAB III, maka sebelum menguji terhadap hipotesis yang telah penulis ajukan, di sini untuk mudah pembahasannya, data-data tersebut6 akan ditabulasikan. Adapun data-data yang dimaksud adalah data dari hasil nilai angket persn rumsh belajar Ganecha (sebagai variable x) dan minat belajar agama islam anak (sebagai variable y). Selanjutnya untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan peran rumah belajar Ganecha dalam meningkatkan minat belajar agama islam anak, maka penulis membuat table kerja untuk mengetahui koefisien korelasi antara variable x dengan variable y, dengan langkah-langkah sebagai berikut:
Tabel
Koefisien korelasi peran rumah belajar ganecha (x) dan minat belajar agama islam anak (y) di Desa Jolontoro Sapuran Wonosobo Tahun 2009
- Noχγχ2γ2χ γ1394815212304187224051160026012040347542209291625384545929163481318655558302533643190645582025336426107465421162916248484156168131362296940581600336423201042561764313623521143541849291623221249552401302526951352112270432492964145260270436003120155058250033642900165256270431362912174958240133642842184857230432492736194551202526012295204756220931362632213749136924011813225259270434813068
∑χ∑γ∑χ2∑γ2∑χ γ
10251222554916810460447
Untuk membuktikan kebenaran terhadap hipotesis yang penulis ajukan, yaitu jika peran rumah belajar Ganecha berjalan dengan baik dan di ikuti oleh anak-anak dengan rutin, maka kemungkinan besar minat belajar agama islam anak semakin meningkat, maka pada tahap ini Variabel-variabel akan dikorelasikan.
Adapun dalam menguji hipotesis di atas, penulis menggunakan rumus analisis korelasi product moment sebagai berikut:
rxγ = n ∑Χγ – ( ∑Χ ) ( ∑γ )
Keterangan:
r Χγ : Koefisien Korelasi
x : Variabel Independen
γ : Variabel Dependent
n : Jumlah sample
∑ : Jumlah Sigma
Dengan melihat data yang ada pada table kemudian dimasukkan ke dalam rumus Korelasi Product Moment.
Diketahui:
n : 22 ∑Χ2 : 55491
∑Χ : 1025 ∑γ2 : 68104
∑γ : 1222 ∑Χγ : 60447
N( ∑xy – ( ∑x ) ( ∑y)√{N∑x² - ( ∑x )2 } {N∑y2 - ( ∑y ) 2}
rxγ = 22.60447-1025.1222
{22.55491-1050625}.{22.68104-1493284}
= 1329834 -1252550
{ 1220802 - 1050625}.{ 1498288 - 1493284}
= 77284
{ 170177}.{ 5004}
= 77284
851565708
= 77284
29181,59
= 2,64
- Analisis Lanjutan
Setelah r (koefisien korelasi) dari ke 2 variabel x dan y tersebut diketahui, maka selanjutnya untuk mengetahgui diterima atau tidaknya dari hipotesis yang penulis ajukan, maka kemudian penulis mengkonsultasikan nilai rxy hasil penelitian diatas dengan r table yang terdapat pada product moment, sehingga dapat diketahui signifikan atau tidaknya. Hal ini ditentukan dengan criteria sebagai berikut:
- Apabila rxγ > r tabel maka signifikan, dan
- Apabila rxγ < r tabel maka tidak signifikan.
Sesuai dengan jumlah sample, yaitu 22 siswa maka dapat dilihat bahwa nilai r dalam tabel nilai product moment adalag sebagai berikut:
- Taraf signifikan 1 % = 0,330
- Taraf signifikan 5 % = 0,254
Sehingga berdasarkan tabel tersebut, dapat dibandingkan bahwa nilai yang diperoleh adalah sebagai berikut:
- Pada taraf signifikan 1% = 0.423.(r table) 2,64 (.(rxγ)
- Pada taraf signifikan 5% = 0,537 (r table) 2,64 (rxγ)
Dengan demikian dapat dilihat bahwa baik dalam taraf 5% maupun 1%, rxγ yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah lebih besar dari r tabel. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara variabel x dengan variabel y adalah signifikan, yang berarti hipotesis yang penulis ajukan diterima. dengan kata lain terdapat pengaruh yang positif antara peran rumsh belajar Ganecha dalam meningkatkan minat belajar agama islam anak.
BAB IV
ANALISIS PERAN RUMAH BELAJAR GANECHA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AGAMA ISLAM ANAK
Pada tahap ini peneliti akan membahas tentang serangkaian langkah analisis terhadap data kualitatif yang telah terkumpul lewat hasil nilai angket peran rumah belajar Ganecha, sebagaimana yang tercantum pada bab III. Analisis dengan menggunakan statistik itu terutama dimaksudkan untuk membuktikan kebenaran hipotesis yang telah diajukan,yakni semakin baik peran rumah belajar Ganecha maka minat belajar agama islam anak semakin meningkat.
Langkah-langkah yang ditempuh dalam proses analisis ini adalah sebagai berikut:
- Analisis Pendahuluan
- Analisis Uji Hipotesis
- Analisis Lanjutan.
Analisis tersebut disusun berdasarkan data hasil penelitian yang telah terkumpul. berikut ini adalah uraian tentang analisis terhadap data yang telah terkumpul.
- Analisis Pendahuluan
- Tabulasi Hasil Niliai Angket Peran Rumah Belajar Ganecha
Dalam analisis pendahuluan, data-data yang berhasil dikumpulkan sebagaimana yang tertuang padabab III, akandisusundalam satu table. data tersebut merupakan data peran rumah belajar ganecha dalam meningkatkan minat belajar anak terhadap agama islam anak di Desa Jolontoro. Data dari dua variable tersebut akan dikelompokkan dalam 2 variabel yaitu:
- Peran Rumah Belajar Ganecha
- Minat Belajar Agama Islam Anak
Table 1
Hasil Nilai Angket Pran Rumah Beëlajar Ganecha
No
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
Jumlah
|
1
|
3
|
2
|
3
|
3
|
2
|
3
|
3
|
2
|
4
|
1
|
4
|
2
|
2
|
3
|
2
|
39
|
2
|
3
|
4
|
3
|
3
|
1
|
3
|
3
|
3
|
3
|
1
|
3
|
3
|
1
|
3
|
3
|
40
|
3
|
4
|
3
|
4
|
4
|
1
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
2
|
2
|
3
|
3
|
47
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
54
|
5
|
3
|
3
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
55
|
6
|
4
|
4
|
3
|
4
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
4
|
3
|
1
|
2
|
4
|
45
|
7
|
4
|
4
|
3
|
4
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
46
|
8
|
4
|
3
|
3
|
3
|
1
|
2
|
3
|
2
|
4
|
3
|
3
|
2
|
3
|
2
|
3
|
41
|
9
|
4
|
4
|
4
|
3
|
2
|
3
|
3
|
2
|
3
|
1
|
3
|
1
|
2
|
2
|
3
|
40
|
10
|
4
|
3
|
3
|
3
|
1
|
3
|
3
|
3
|
2
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
42
|
11
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
2
|
2
|
2
|
2
|
43
|
12
|
2
|
3
|
3
|
4
|
2
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
49
|
13
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
52
|
14
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
4
|
52
|
15
|
4
|
4
|
4
|
3
|
2
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
50
|
16
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
52
|
17
|
4
|
4
|
4
|
3
|
2
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
1
|
3
|
4
|
49
|
18
|
4
|
4
|
3
|
4
|
2
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
48
|
19
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2
|
4
|
45
|
20
|
3
|
3
|
4
|
4
|
2
|
3
|
3
|
3
|
2
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
4
|
47
|
21
|
4
|
2
|
3
|
2
|
1
|
3
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
2
|
3
|
1
|
3
|
37
|
22
|
3
|
4
|
4
|
4
|
2
|
4
|
4
|
2
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
52
|
Dengan melihat data di atas dapat disimpulkan sebagai berikut:
- Peran Rumah belajar memberikan kontribusi dalam meningkatkan minat belajar agama islam anak
- Hasil Nilai angket tertinggi adalah 55 dan terendah 37.
- Hampir seluruh siswa mendapat nilai yang baik,
Tabel 2
Hasil Nilai Angket Minat Belajar Agama Islam Anak
No
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
Jumlah
|
1
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
2
|
3
|
48
|
2
|
3
|
2
|
3
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
51
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
54
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
59
|
5
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
58
|
6
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
58
|
7
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
54
|
8
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
56
|
9
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
58
|
10
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
56
|
11
|
2
|
2
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
54
|
12
|
3
|
2
|
3
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
55
|
13
|
4
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
112
|
14
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
60
|
15
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
58
|
16
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
56
|
17
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
58
|
18
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
57
|
19
|
3
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
51
|
20
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
3
|
3
|
4
|
56
|
21
|
3
|
3
|
3
|
4
|
3
|
3
|
3
|
3
|
4
|
4
|
2
|
3
|
4
|
4
|
3
|
49
|
22
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
59
|
Dengan melihat table diatas, maka dapatlah diambil pengertian bahwa minat belajar anak sangat baik, dengan melihat hasil nilai angket minat belajar agama islam anak.
- Uji Hipotesis
- Tabulasi terhadap data-data penelitian
Berdasarkan data-data yang telah terkumpul sebagaimana yang telah dikemukakan dalam BAB III, maka sebelum menguji terhadap hipotesis yang telah penulis ajukan, di sini untuk mudah pembahasannya, data-data tersebut6 akan ditabulasikan. Adapun data-data yang dimaksud adalah data dari hasil nilai angket persn rumsh belajar Ganecha (sebagai variable x) dan minat belajar agama islam anak (sebagai variable y). Selanjutnya untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan peran rumah belajar Ganecha dalam meningkatkan minat belajar agama islam anak, maka penulis membuat table kerja untuk mengetahui koefisien korelasi antara variable x dengan variable y, dengan langkah-langkah sebagai berikut:
Tabel
Koefisien korelasi peran rumah belajar ganecha (x) dan minat belajar agama islam anak (y) di Desa Jolontoro Sapuran Wonosobo Tahun 2009
- Noχγχ2γ2χ γ1394815212304187224051160026012040347542209291625384545929163481318655558302533643190645582025336426107465421162916248484156168131362296940581600336423201042561764313623521143541849291623221249552401302526951352112270432492964145260270436003120155058250033642900165256270431362912174958240133642842184857230432492736194551202526012295204756220931362632213749136924011813225259270434813068
∑χ∑γ∑χ2∑γ2∑χ γ
10251222554916810460447
Untuk membuktikan kebenaran terhadap hipotesis yang penulis ajukan, yaitu jika peran rumah belajar Ganecha berjalan dengan baik dan di ikuti oleh anak-anak dengan rutin, maka kemungkinan besar minat belajar agama islam anak semakin meningkat, maka pada tahap ini Variabel-variabel akan dikorelasikan.
Adapun dalam menguji hipotesis di atas, penulis menggunakan rumus analisis korelasi product moment sebagai berikut:
rxγ = n ∑Χγ – ( ∑Χ ) ( ∑γ )
Keterangan:
r Χγ : Koefisien Korelasi
x : Variabel Independen
γ : Variabel Dependent
n : Jumlah sample
∑ : Jumlah Sigma
Dengan melihat data yang ada pada table kemudian dimasukkan ke dalam rumus Korelasi Product Moment.
Diketahui:
n : 22 ∑Χ2 : 55491
∑Χ : 1025 ∑γ2 : 68104
∑γ : 1222 ∑Χγ : 60447
N( ∑xy – ( ∑x ) ( ∑y)√{N∑x² - ( ∑x )2 } {N∑y2 - ( ∑y ) 2}
rxγ = 22.60447-1025.1222
{22.55491-1050625}.{22.68104-1493284}
= 1329834 -1252550
{ 1220802 - 1050625}.{ 1498288 - 1493284}
= 77284
{ 170177}.{ 5004}
= 77284
851565708
= 77284
29181,59
= 2,64
- Analisis Lanjutan
Setelah r (koefisien korelasi) dari ke 2 variabel x dan y tersebut diketahui, maka selanjutnya untuk mengetahgui diterima atau tidaknya dari hipotesis yang penulis ajukan, maka kemudian penulis mengkonsultasikan nilai rxy hasil penelitian diatas dengan r table yang terdapat pada product moment, sehingga dapat diketahui signifikan atau tidaknya. Hal ini ditentukan dengan criteria sebagai berikut:
- Apabila rxγ > r tabel maka signifikan, dan
- Apabila rxγ < r tabel maka tidak signifikan.
Sesuai dengan jumlah sample, yaitu 22 siswa maka dapat dilihat bahwa nilai r dalam tabel nilai product moment adalag sebagai berikut:
- Taraf signifikan 1 % = 0,330
- Taraf signifikan 5 % = 0,254
Sehingga berdasarkan tabel tersebut, dapat dibandingkan bahwa nilai yang diperoleh adalah sebagai berikut:
- Pada taraf signifikan 1% = 0.423.(r table) 2,64 (.(rxγ)
- Pada taraf signifikan 5% = 0,537 (r table) 2,64 (rxγ)
Dengan demikian dapat dilihat bahwa baik dalam taraf 5% maupun 1%, rxγ yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah lebih besar dari r tabel. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara variabel x dengan variabel y adalah signifikan, yang berarti hipotesis yang penulis ajukan diterima. dengan kata lain terdapat pengaruh yang positif antara peran rumsh belajar Ganecha dalam meningkatkan minat belajar agama islam anak.
0 komentar:
Posting Komentar