BAB V PENUTUP

Kamis, 13 Agustus 2009

BAB V

PENUTUP

  1. Kesimpulan

Dari seluruh pelaksanaan kegiatan penelitian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut :

  1. Peran rumah belajar Ganecha memberikan kontribusi dalam meningkatkan minat belajar agama islam anak di Desa Jolontoro Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo.

  2. Minat belajar agama islam anak didesa jolontoro sangat baik,dengan melihat hasil nilai angket minat belajar anak sebesar (1222)

  3. Pean rumah belajar Ganecha memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan minat belajar agama islam anak di Desa Jolontoro Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo. Hal itu ditunjukkan berdasarkan perhitungan statistik melalui korelasi product moment (rxy), dimana nilai rxy yang dihasilkan adalah 2,64. Dengan ketentuan yang ada bahwa nilai rxy lebih besar dari pada r tabel, itu artinya hubungan antara variabel x dengan variabel y adalah signifikan.

    1. Pada taraf signifikan 1% = 0,423(r tabel) 2,64(rxγ)

    2. Pada taraf signifikan 5% = 0,537(r tabel) 2,64 (rxγ)




  1. Saran

Berdasarkan pengalaman selama pelaksanaan penelitian, maka sran-saran yang dapat saya ajukan adalah sebagai berikut :

  1. Rumah belajar Ganecha, hendaknya mampu mengkondisikan agar anak selalu belajar agama islam dan menumbuhkan minat yang tinggi dalam belajar

  2. Bagi orang tua, hendaknya orang tua bisa lebih memantau kegiatan anak-anak mereka dirumah maupun lingkungan pergaulannya dan mengkondisikan agar anak-anak secara rutin belajar agama islam

  3. Bagi rumah belajar Ganecha agar lebih mengembangkan metode pembelajarannya dan bila perlu menambah tenaga pendidik (guru) bila masih membutuhkan, agar tujuan yang diinginkan bisa tercapai dengan baik, salah satunya dengan metode hafalan surat pendek.

  4. Bagi peneliti berikutnya agar lebih menyempurnakan hasil penelitian ini.


  1. Kata Penutup

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan atau melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “ Peran Rumah Belajar Ganecha Dalam Meningkatkan Minat Belajar Agama Islam Anak Di Desa Jolontoro Kecamatan Sapuran Wonosobo Tahun 2009 “. Sholawat dan salam semoga tetap terlimpahkan di pangkuan beliau Nabi Muhammad SAW sebagai pemimpin dan penyelamat dalam mengaungi kehidupan dunia dan akhirat.

Tentunya skripsi ini banyak sekali kekurangannya, saran dan kritik yang membangun sangat penulis harapkan. Semoga skripsi ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Allahumma Amin.




0 komentar:

Posting Komentar